Kamis, 13 Agustus 2009

Could someone go far away from their fortune??

there's no offense in this entry, maksudnya supaya nggak menyinggung orang2 yang lebih dari cukup (baca:kaya), cuma berbagi pengalaman aja yang gw alami di sekeliling gw.. hmm to the topic...

bukan nya sebal, kesel, jengkel sama orang2 yang lebih dari cukup ini.. tapi keadaan yang membuat gw tergerak untuk nulis tema ini.. rasanya mengenaskan udah terlalu banyak orang2 yang dimana sekali nya kaya, kaya banget, sekali nya miskin, miskin banget.. memang sih, yang kaya2 pun banyak menyumbangkan/ beramal buat para yang miskin-miskin.. walaupun ada yang melakukan hal itu hanya untuk cari muka semata, ataupun bener2 iklas dari hati emang pengen nolong.. itu menjadi seimbang, memang orang kaya dan orang miskin itu di ciptakan untuk saling melengkapi satu sama lain.. liat kuli bangunan? kalo seandainya ga ada kuli bangunan yang ngerjain bangunan, ada ngga sih orang kaya yang bisa bikin rumah segede2 gaban? dan apakah orang2 miskin bakal dapet duit darimana untuk makan sehari-hari kalo bukan dari orang yang ber-uang? ya kan, berarti memang sama2 membutuhkan :D

tapi di balik sikap mutualisme itu, masih banyak banget sikap2 orang yang lebih dari cukup itu, mengakibatkan kesenjangan sosial, khusus nya emang di jakarta, ini bener2 keliatan banget...
contohnya aja, shopping di mall dengan belanjaan yang harga nya fantastis.. ini pernah gw liat realitasnya, temen dari nyokap gw ngebelanjain tas seharga puluhan juta ( ga perlu gw sebut spesifiknya) dan dengan bangga dia cerita kesana-sini "eh, saya baru beli tas loh, di counter sih harganya sekian" oh wow, luar biasa sekali kebanggaan nya ngebeli tas dengan cerita2 harganya.. langsung deh itu jadi omongan ibu2 sekomplek, tau deh gimana kalo mulut ibu2 itu kalo udah rumpi sana sini, blom lagi di komplek gw ini rata2 orang nya itu kelas menengah, dan ada yang menengah kebawah juga... yang menengah ke atas, bisa di hitung pake jari.. yaudah jadi lah ibu itu di sebelin sama banyak ibu2 komplek.. itu udah jadi satu bagian contoh dari kesenjangan sosial..

yang lain lagi, misalnya aja nih yang bener2 keliatan dan menonjol... Handphone yang menurut gw sih, udah bukan jadi suatu kebutuhan komunikasi saat ini, melainkan menjadi trend, lifestlye, dan STATUS dari pemilik handphone itu.. sekarang lagi musim nya BlackBerry, keren nya BB.. gw pernah sekali nulis status di facebook gw.. "what's the point of using BlackBerry? needs or prestige?" beberapa ada yang bilang untuk kerjaan, dan kebanyakan bilang "BlackBerry lagi ngetren bos, 2009 mesti gaul lah" gw no comment dengan yang ini, bisa anda menilai pernyataan nya?
tapi untuk yang berkerja, gw agak ragu, setelah mendengar lagu nya SAYKOJI judul "ONLINE" haha

But the point is, beberapa orang memang sangat membanggakan kekayaannya, dan menurut gw ada beberapa tindakan dan sikap mereka yang kurang baik di terapin, yaitu, menfasilitasi anak2nya dengan materi yang sangat2 berlebihan menurut gw.. ini gw alamin sama temen/orang di sekelilin gw.. difasilitasi mobil mewah, sopir, uang untuk belanja sana sini, gadget2 yang canggih dan lain-lain..

gw sih ok2 aja ngeliat mereka begitu dan tidak merasa terganggu sama kehidupan high class yang mereka dapetin.. tapi yang gw salahkan itu, kenapa sih baru umur segitu udah di kasih faslilitas yang bener2 enak dan mengasikan? gw tau semua orang tua sayang sama anaknya, tapi dengan cara begitu, itu bukan nya mendidik... tapi malah bikin anak2 sekarang jadi males dan ga bisa dewasa sama keadaan.. secara mental, anak2, remaja itu adalah masa2 dimana sedang bersenang-senang dan pencarian jati diri..
misalnya aja nih orang tua ngasih duit lebih untuk anaknya, namanya remaja, kan masih pencarian jati diri, dan masih banyak hal2 yang perlu di pelajari.. kalo seandainya tuh duit malah di pake yang enggak2 gimana? we speak for real, drugs,sex itu semua nya kan bisa di dapetin dengan mudah asalkan ada uang yang banyak.. apa itu mendidik?

dan yang keliatan "high class lifestyle" itu biasanya cewek, belanja sana sini, ngabisin duit buat nongkrong.. "nongkrongnya dimana??", "di Star****s lah"
semata-mata buat lifestyle dan gengsi doang thats it.. berfoto2 ria di tempat belanja, yang belakangnya ada mereknya, kalo bisa tag harga nya di fotoin biar orang tau.. wow! amazing huh?! waaah... dan biasanya kalo udah gini, cowok2 udah pada jiper deh mau deketin cewek yang metropolitan gini, apalagi kalo ga punya mobil ya oke punya...

well thats for real... yang gw,elu, liat dan alamin pasti sama, dimana masih ada kesenjangan sosial dimana mana.. apa lagi yang dari cerita tadi.. yang gw mau tekankan itu bukan kesenjangan sosialnya, tapi lebih ke what we gonna do for the future!

we go to the future
SEANDAINYA nih, kalian orang2 yang lebih dari cukup (baca:highclass) sering berpergian sana sini yang hidup nya tenang karena punya uang yang amat banyak.. suatu saat jatuh dari kedudukan kalian nanti, apa yang kalian akan lakukan? karena sudah terbiasa dengan hidup mewah, malah jadi stress karena nggak terbiasa sama hidup yang sudah "JATUH" (renungin deh)

kalian nggak merasakan perjuangan orang tua kalian yang bekerja banting tulang, untuk menafkahi kalian untuk belanja dan berfoya-foya sana sini..

coba deh for real, kita sama2 sekali2 hidup di antara kehidupan menengah pada umum nya, nggak ada lagi kesenjangan sosial dan hilangkan kesan mewah dari diri masing-masing...

hidup itu hanya sekali kawan, selagi kita masih bisa di berikan nafas dan berkat sama yang di atas, lakukanlah yang terbaik dalam hidup, buat hidup lebih bermakna dan ada tujuannya...

sorry aja nih kalo ada yang tersinggung ngebaca entri ini, kan udah gw bilang di atas, NO OFFENSE, jadi no heart feeling, baca dengan kepala dingin, pikirkan, dan renungkan, bagus2 kalo bisa dilakukan.. :)

peace!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar